Written by Administrator

Training Dengan Profesor

 

Kunjungan Industri POLTEK NEGERI LHOKSEUMAWE di IKBAL-M-YOS Batam

KUNJUNGAN_INDUSTRI_POLTEK_DI_IKBALMYOSl

 

 

Kunjungan Ditjen P2MKT Kemenakertrans R.I Provinsi di Ikbal-M-Yos Batam

Batam 23-10-2014, Sejumlah 23 Orang dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I mendatangi Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos Batam dalam rangka melihat langsung pengelolaan mutu pendidikan khususnya pendidikan non-formal di bidang pendidikan dan pelatihan ketenagakerjaan profesi inspector yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos yang telah berhasil mencetak para SDM Inspector Unggul yang telah bersaing dalam dunia kerja skala nasional maupun internasional.

Mereka dengan penuh semangat dan sangat termotivasi melihat dan mendengarkan dengan seksama presentase slide demi slide yang dipaparkan langsung oleh Pendiri dan Direktur Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos, Dr. Sofyan T.S, MBA, MSi. Selepas persentase, sejumlah pertanyaan dilontarkan para tamu dari Ditjen P2MKT ini dan dijawab dengan singkat dan tuntas oleh Pendiri Ikbal-M-Yos tersebut, dan mereka sangat puas dengan jawaban-jawaban tersebut. Ketua Rombongan, Bpk Sigit Mustofa mengungkapkan sangat salut dan terkesan dengan paparan tentang metode pengelolaan yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos. Acara ditutup dengan penyerahan souvenir dari Ketua Rombongan kepada Pendiri & Direktur Ikbal-M-Yos, serta ditutup juga dengan Foto Bersama.

Kegiatan dilanjutkan dengan tour keliling melihat fasilitas-fasilitas, kelas-kelas, kilasan singkat tentang tutorial praktek diantaranya First Aid & Emergency First Response, Magnetic Particle Testing, Ultrasonic Testing, Radiographic Interpretation, dan juga Instrumentation dipandu langsung oleh Vice Director Ikbal-M-Yos yang juga NDT ASNT/EN 473/ISO 9712 Level III, Ronny Andalas, ST, M.Eng.


Kunjungan Kemdikbud R.I Provinsi Sumatera Barat di Ikbal-M-Yos Batam

Batam 09-10-2014, Sejumlah 21 Orang dari Tim Koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat mendatangi Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos Batam dalam rangka melihat langsung pengelolaan mutu pendidikan khususnya pendidikan non-formal di bidang pendidikan dan pelatihan ketenagakerjaan profesi inspector yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos yang telah berhasil mencetak para SDM Inspector Unggul yang telah bersaing dalam dunia kerja skala nasional maupun internasional.

Mereka dengan penuh semangat dan sangat termotivasi melihat dan mendengarkan dengan seksama presentase slide demi slide yang dipaparkan langsung oleh Pendiri dan Direktur Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos, Dr. Sofyan T.S, MBA, MSi. Selepas persentase, Koordinator Tim LPMP mengungkapkan sangat salut dan terkesan dengan paparan tentang metode pengelolaan yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos.

Kegiatan dilanjutkan dengan tour keliling melihat fasilitas-fasilitas, kelas-kelas, kilasan singkat tentang tutorial praktek diantaranya First Aid & Emergency First Response, Magnetic Particle Testing, Ultrasonic Testing, Radiographic Interpretation, dan juga Instrumentation dipandu langsung oleh Vice Director Ikbal-M-Yos yang juga NDT ASNT/EN 473/ISO 9712 Level III, Ronny Andalas, ST, M.Eng.


Kampus I Ikbal-M-Yos, Bengkong – Batu Ampar, 23 Agustus 2014.

Silahturahim dengan Alumni Welding Inspector (CWII) IKBAL-M-YOS berbagai gelombang/angkatan, dan kita berkomitmen Mengibarkan Merah Putih Indonesia dan Burung Garuda di Kancah Internasional....melalui sertifikasi profesi "Welding Inspector BNSP" yang dikeluarkan LSP Inspektur Maritim Indonesia...Mari  Kita Terus berbuat untuk Indonesia agar SDM Indonesia “Setaraf dan setarif” SDM Asing Maju lainnya....

Indonesia Pasti Jaya Menjadi Poros Maritim Dunia.. Salam One By Zero


BENGKONG (BP) – Yayasan Pendidikan Ilmu Kelautan Bina Alumni Maritim di jalan Yos Soedarso Batam atau yang lebih dikenal dengan Ikbal-M-Yos, kini dilengkapi dengan peralatan terbaru untuk program Instrument Inspector. Alat pengujian Dead Weight Tester (DWT) dan Pressure Test dengan penambahan compresor nitrogen bertekanan tinggi sampai dengan 2.000 psi ini, didatangkan langsung dari Jerman.

"Satu persatu alat instrument untuk pekerjaan bidang maritime, offshore dan oil & gas, akan kita lengkapi. Ini kita lakukan untuk meningkatkan skill anak didik kita, sesuai tuntutan teknologi saat ini," ujar Direktur Ikbal-M-Yos, Sofyan T.S di Bengkong Garama blok R no 3-7. Menurut Sofyan, pengadaan peralatan tersebut sangat menentukan sukses tidaknya inspector di lapangan. "Bidang ini tak bisa dijabarkan hanya dengan teori saja. Apalagi cuma mengenal alat tanpa pernah mengoperasikannya. Ini berhubungan dengan keselamatan kerja dan tentu saja produk yang dihasilkan," ujar pria paruh baya yang pernah menjajal industri lepas pantai di California tersebut.

Sejak didirikan tahun 2.000, ribuan alumnnus berasal dari program pelatihan Ikbal-M-Yos antara lain Welding Inspector (CWII), Coating Inspector Level II (CMCII), Oil & Gas Industries Instrument Inspector (COGII), Maritime Industries Safety Officer (CMSOI) / P2K3, NDT Inspector ASNT (CASNT) Level II (MT, PT, UT & RI), dan Marine Inspector atau Ship Surver for Non-Surveyor (CSSNS), telah membawa nama Indonesia, berpengaruh secara internasional di bidang maritime, offshore, dan oil & gas. Untuk wilayah Batam, para alumni Ikbal-M-Yos, mendominasi di berbagai perusahaan besar bidang shipyard dan fabrikasi baja.>

Selain kemampuan teknis yang berbasis pada kompetensi, yang menarik adalah dalam pelatihannya Ikbal-M-Yos menitikberatkan pada perilaku jujur, kerja keras, peduli, efektif, efisien dan tanggung jawab dalam pekerjaan. "Manusia berguna hanya dengan perannya. Agar kesejahteraan alam jagat raya tercapai atau serve the people for customer satisfaction then worship God. Jadi pada saat menjalankan perannya, dalam bekerja, berumahtangga, beribadah dan bersosialisasi dengan masyarakat, dilakukan semata-mata hanya untuk mendapatkan keridhoan dari Tuhan Sang Pencipta.

Dengan pemahaman ini lulusan Ikbal-M-Yos mampu berbuat banyak untuk bangsa ini khususnya dan untuk kesejahteraan umat manusia pada umumnya," beber Sofyan T.S menjelaskan kunci suksesnya. Selain sarana dan prasarana, Ikbal-M-Yos ditunjang dengan sistem pengelolaan manajemen lembaga pelatihan sesuai manajemen mutu ISO 9001 dari SGS, badan register berpengaruh di dunia. (wel)


Wisuda dan Temu alumni Akbar akan kembali diadakan oleh Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos. mari kembali mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi dengan menghadiri acara Wisuda dan Temu alumni Akbar yang kembali akan dimeriahkan dengan performance dari group musik DEBU. insya Allah acara akan diselenggarakan pada tanggal 16 Mei 2010 bertempat di Hotel Goodway.

 

 

 

 

 

Kamis (5/5) lalu, Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos (Ilmu Kelautan Bina Alumni Maritim) di Jalan Yos Sudarso, Batuampar, mendapat kunjungan mendadak dari PT Chevron Indonesia Company. Dua staf ahlinya Mohammad Johar dan Steven Pagan diterima langsung oleh Pendiri dan Direktur Ikbal M Yos, Sofyan T.S.

Dalam kunjungan tersebut, Mohammad Johar (Alumni CWII gel.15 Ikbal-M-Yos) dan Steven Pagan berkesempatan memberikan kuliah umum kepada peserta kursus CWII gelombang 24 dan 25.

Dalam pemaparannya, Facility Engineer PT Chevron, Mohamad Johar banyak menceritakan tentang pengalamannya selama bekerja di perusahaan operator minyak bumi terbesar di Indonesia itu. Dalam sesi berikutnya, Marine Systems Engineer, Steven Pagan, terlibat dalam diskusi serius tentang kesempatan dan peluang karir di PT. Chevron. "Pekerja Indonesia tak kalah dengan pekerja asing. Barangkali yang harus ditingkatkan adalah komunikasi dan bahasa," ujar Steven berpesan.

Selain memotivasi para peserta kursus, kedua petinggi PT Chevron juga memperlihatkan foto-foto proses pengeboran minyak bumi lewat monitor di depan kelas. Pengenalan alat dan tehnik pengeboran minyak laut dalam.

Meski berlangsung singkat, pertemuan malam itu sangat berkesan bagi peserta kursus. "Ikbal M Yos mengucapkan terimakasih kepada Mohamad Johar dan Steven Pagan. Pengalaman yang anda berikan tentu sangat berguna bagi kami," ujar Direktur sekaligus pendiri Ikbal M yos, Sofyan T.S, di akhir pertemuan. Sebagai simbolis, Sofyan T.S memberikan cinderamata kepada kedua tamu dari PT Chevron tersebut.

Untuk diketahui, Ikbal-M-Yos adalah lembaga pendidikan dan kursus yang bergerak dalam bidang industri lepas pantai, galangan kapal dan migas. Hingga saat ini, Ikbal-M-Yos telah menghasilkan ribuan pekerja profesional di Kepri hingga manca negara. Yang berpengaruh dan spesifik dari lembaga ini membangun SDM profesional dengan mengutamakan pendidikan moral dan kompetensi yaitu konsep spiritual, QSHE Awareness With Our God Voice, yakni tiada yang tertipu, tiada yang celaka, tiada yang sakit, dan tiada kerusakan lingkungan karena peran kita dengan selalu bertindak profesional "one by zero" yang di terapkan Sofyan T.S, alumni maritime yang telah melanglang buana di beberapa kota besar Asia, Amerika dan Eropa.

Atas permintaan alumni dan pekerja galangan kapal di Batam, Ikbal-M-Yos membuka kampus baru di Komplek Merapi Subur Blok A1 nomor 3,4,5, Batuaji. Rencananya, peresmian Kampus II tersebut akan digelar pada pertengahan bulan ini.

Koordinator Kampus II Ikbal-M-Yos di Batuaji, Vita menjelaskan, di bulan Mei 2011 ini pihaknya resmi membuka kelas baru untuk program Welding Inspector (CWII) gelombang 27, Ultrasonic Testing (UT) ASNT Level II gelombang 23, Coating Inspector Level II gelombang 12, Magnetic Particle Inspection & Liquid Penetrant Testing (MT/PT) ASNT Level II gelombang 26 dan Safety Officer gelombang 8 yang disertifikasi oleh Ditjen MIGAS, APITINDO, Disnaker Batam, dan Kemenakertrans R.I khusus untuk AK3 Umum. "Peserta kursus kita beri pilihan, Apakah di Kampus I Bengkong Garama atau di Kampus II Batuaji," ujar Vita kepada koran ini.

Teks dan foto : Immanuel Sebayang/Batam Pos


newsmay11_2BATUAJI (BP) - Yayasan ilmu kelautan Bina Alumni Maritim Ikbal-M-Yos Batam menggelar acara presentasi pengenalan Yayasan Ikbal M-Yos di sekolah menenga kejuruan negeri (SMKN) I Batam dan SMK Al-Jabar Bengkong Kami (12/5) pagi.
 
Staff operasional dan Marketing Ikbal-M-Yos Erma, mengatakan presentasi pengenalan Yayasana Pendidikan Ikbal-M-Yos Batam ini betujuan untuk membuka wacana bagi siswa-siswi SMKN I Batam dan SMK Al-Jabar Bengkong yang setelah lulus ujian nasional nanti bagi siswa-siswi yang belum bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi agar bisa mengembangkan potensi diri mereka ke dunia kerja yang sesuai dengan jurusannya masing-masing."Jadi bagi siswa yang belum bisa kuliah, bisa ikut trining di Ikbal M-Yos untuk dapat sertifikasi yang didukung oleh Ditjen Migas, Apitindo, Disnaker dan BNSP," ungkap Erma, di lantai dua aula SMKN I Batam Batuaji, Kamis (12/5).

Karena sudah terbukti banyak alumni Ikbal M-Yos yang sudah mampu mengembangkan sayapnya di bidang fabrikasi dan inspeksi kemaritiman serta minyak dan gas bumi.

Dijelaskan Erma saat ini Yayasan Ilmu kelutan Bina Maritim yang berlamat di jalan Yos Sudarso Batam merupakan salah satu lembaga pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang Maritim, offshore oil dan gas industri yang mendapat pengakuan secara resmi dari Internasional sistim Manajemen mutu ISO 9001 : 2008 oleh SGS. "Ini sangat cocok bagi kita untuk berkarir di negara dengan latar belakangnya sebagai negara kepulauan yang tumbuh pesat dengan perusahaan Perkapalan, Fabrikasi, Lepas pantai dan minyak dan gas bumi," tutur Erma.

Kepala sekolah SMKN I Batam Deden Suryana menyambut baik acara presenatse tersebut. Dia Berharap kerjasama untuk merekrut pelatihan anak didiknya yang mungkin saja belum bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi agar dapat diterima di duani kerja pada umumnya itu terus berlanjut."Kepada anak-anak bapak, Bapak berharap agar kalian lebih jeli melihat posisi duani kerja yang ada saat ini. Dan kepada pihak Ikabl-M-Yos kami atas nama SMKN I Menghaturkan terima kasih banyak," ujar Deden.

Last Updated on Saturday, 21 March 2015 00:03

SCHEDULE TRAINING

MEI/JUNI 2017

DI KAMPUS I & II :

- WELDING INSPECTOR (CWII) GEL.44 & 45

- INSTRUMENT INSPECTOR (COGII) GEL.35 & 36

- COATING INSPECTOR (CMCII) Level II GEL.22 & 23

- SAFETY OFFICER (P2K3/CMSOI) GEL.25 & 26

- MT/PT ASNT LEVEL II GEL.52 & 53

- UT ASNT LEVEL II GEL.36 &37

- RI ASNT LEVEL II GEL.44 & 45

- Ahli K3 Umum Kemenaker RI Gel. 1 & 2

- First Aid Kemenaker RI Gel 2 & 3

 

NDT EN/ISO 9712 :

- Visual Testing (VT) EN/ISO 9712 Level 2 Gel.3 & 4

- Magnetic Testing (MT) EN/ISO 9712 Level 2 Gel.3 & 4

- Penetrant Testing (PT) EN/ISO 9712 Level 2 Gel.1 & 2

- Ultrasonic Testing (UT) EN/ISO 9712 Level 2 Gel.2 & 3

- Radiographic Interpreter (RI) EN/ISO 9712 Level 2 Gel.3 & 4

 

OTHER TRAINING:

- LEAD AUDITOR COURSE IRCA - ISO 9001:2015 Gel. 2 & 3

- EDDY CURRENT (ET) ASNT LEVEL II Gel. 1 & 2

- UNDERWATER VISUAL INSPECTOR (CSUVII) Gel 1 & 2

- PRESSURE VESSEL INSPECTOR (CPVII) Gel. 1 & 2

- PIPING INSPECTOR (CPPII) Gel. 1 & 2

 

PENDAFTARAN BISA DILAKUKAN DI:

1. KAMPUS UTAMA, Batu Ampar.

Silahkan Kontak: Ms. Ema / Dewi / Dessy

Telp. 0778-412757 atau 0778-413010

Email: ikbalmyos@ikbalmyos.com

SMS: +62811701435

2. KAMPUS II, Batu Aji.

Silahkan Kontak: Ms. Vita / Atika

Telp. 0778-7375437 atau 0778-7375436

Email: kampusdua@ikbalmyos.com

SMS: +6282172673535


fb twitter youtube lingin