Ikbal-M-Yos Dilengkapi Instrument Buatan Jerman

Written by Administrator

BENGKONG (BP) – Yayasan Pendidikan Ilmu Kelautan Bina Alumni Maritim di jalan Yos Soedarso Batam atau yang lebih dikenal dengan Ikbal-M-Yos, kini dilengkapi dengan peralatan terbaru untuk program Instrument Inspector. Alat pengujian Dead Weight Tester (DWT) dan Pressure Test dengan penambahan compresor nitrogen bertekanan tinggi sampai dengan 2.000 psi ini, didatangkan langsung dari Jerman.

"Satu persatu alat instrument untuk pekerjaan bidang maritime, offshore dan oil & gas, akan kita lengkapi. Ini kita lakukan untuk meningkatkan skill anak didik kita, sesuai tuntutan teknologi saat ini," ujar Direktur Ikbal-M-Yos, Sofyan T.S di Bengkong Garama blok R no 3-7. Menurut Sofyan, pengadaan peralatan tersebut sangat menentukan sukses tidaknya inspector di lapangan. "Bidang ini tak bisa dijabarkan hanya dengan teori saja. Apalagi cuma mengenal alat tanpa pernah mengoperasikannya. Ini berhubungan dengan keselamatan kerja dan tentu saja produk yang dihasilkan," ujar pria paruh baya yang pernah menjajal industri lepas pantai di California tersebut.

Sejak didirikan tahun 2.000, ribuan alumnnus berasal dari program pelatihan Ikbal-M-Yos antara lain Welding Inspector (CWII), Coating Inspector Level II (CMCII), Oil & Gas Industries Instrument Inspector (COGII), Maritime Industries Safety Officer (CMSOI) / P2K3, NDT Inspector ASNT (CASNT) Level II (MT, PT, UT & RI), dan Marine Inspector atau Ship Surver for Non-Surveyor (CSSNS), telah membawa nama Indonesia, berpengaruh secara internasional di bidang maritime, offshore, dan oil & gas. Untuk wilayah Batam, para alumni Ikbal-M-Yos, mendominasi di berbagai perusahaan besar bidang shipyard dan fabrikasi baja.>

Selain kemampuan teknis yang berbasis pada kompetensi, yang menarik adalah dalam pelatihannya Ikbal-M-Yos menitikberatkan pada perilaku jujur, kerja keras, peduli, efektif, efisien dan tanggung jawab dalam pekerjaan. "Manusia berguna hanya dengan perannya. Agar kesejahteraan alam jagat raya tercapai atau serve the people for customer satisfaction then worship God. Jadi pada saat menjalankan perannya, dalam bekerja, berumahtangga, beribadah dan bersosialisasi dengan masyarakat, dilakukan semata-mata hanya untuk mendapatkan keridhoan dari Tuhan Sang Pencipta.

Dengan pemahaman ini lulusan Ikbal-M-Yos mampu berbuat banyak untuk bangsa ini khususnya dan untuk kesejahteraan umat manusia pada umumnya," beber Sofyan T.S menjelaskan kunci suksesnya. Selain sarana dan prasarana, Ikbal-M-Yos ditunjang dengan sistem pengelolaan manajemen lembaga pelatihan sesuai manajemen mutu ISO 9001 dari SGS, badan register berpengaruh di dunia. (wel)